ASAM URAT GEJALA DAN CARA MENGATASINYA

Written By A on Tuesday, June 10, 2014 | Tuesday, June 10, 2014

Asam Urat.
Asam Urat Gejala Dan Cara Mengatasinya - Asam urat adalah suatu penyakit yang sering menyerang bagian persendian terutama sendi jari kaki jari tangan tumit dengkul siku dan pergelangan tangan.Jangan dikira bahwa nyeri yang ditimbulkan Asam Urat adalah nyeri biasa nyeri sendi yang diakibatkan Asam Urat sangatlah hebat dan membuat bagian yang diserang tampak bengkak dan meradang.Namun demikian tidak semua rasa nyeri di persendian bisa disimpulkan bahwa seseorang terkena penyakit asam urat. Asam Urat biasanya sering menyerang seseorang yang berusia lanjut untuk pria biasanya berusia 40 tahun ke atas sedangkan wanita saat memasuki usia menopause sebagian besar orang yang menderita asam urat biasanya juga mempunyai penyakit lain seperti penyakit ginjal penyakit diabetes atau hipertensi.

Penyebab Asam Urat 
Asam urat merupakan kristal-kristal yang terbentuk sebagai manifestasi metabolisme zat purin.Purin itu sendiri merupakan zat yang terkandung di setiap bahan makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti hewan (daging) dan tumbuhan (buah sayur kacang).Artinya jika kita mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup maka zat purin yang terkandung di dalamnya akan berpindah ke dalam tubuh kita. Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan diolah melalui proses metabolisme dan menghasilkan asam urat ini berarti setiap orang mempunyai kadar asam urat.Hanya saja jika kadar asam uratnya berlebihan dikarenakan pengonsumsian zat purin secara berlebihan maka akan menyebabkan ketidakmampuan ginjal dalam mengeluarkannya sehingga membuat kristal asam urat menumpuk di persendian inilah sebabnya mengapa persendian akan terasa nyeri dan bengkak.

Gejala Asam Urat 
Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa nyeri sendi memang merupakan indikator utama datangnya asam urat namun tidak semua perasaan nyeri di persendian bisa disimpulkan bahwa seseorang terkena asam urat.

Untuk lebih jelasnya tentang gejala asam urat simak ulasan berikut ini :
►Bagian persendian terasa nyeri ngilu bahkan tampak bengkak dan meradang berwarna kemerahan. ►Umumnya persendian akan terasa nyeri pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur.
►Nyeri sendi yang ditimbulkan terjadi berulang kali.
►Bagian bagian yang biasa diserang adalah sendi jari kaki jari tangan tumit dengkul siku dan  pergelangan tangan.
►Pada kasus yang parah persendian akan mengalami nyeri hebat saat bergerak.

 Cara Mengatasi Penyakit Asam Urat.

-Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung potasium tinggi seperti pisang kentang dan lain sebagainya.

-Konsumsi buah yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk strawberry pepaya dsb.

-Adapun jenis buah dan sayuran yang dapat mengobati penyakit asam urat misalnya buah naga,belimbing wuluh,jahe, labu kuning,sawi,serai dsb.

-Perbanyak konsumsi makanan berkarbohidrat seperti nasi singkong ubi dsb.

-Kurangi konsumsi makanan seperti gula permen arum manis dsb.

-Jangan terlalu sering minum aspirin jika sakit kepala.

-Hindari bekerja terlalu keras hingga mengakibatkan kelelahan.

-Untuk anda yang kegemukan atau obesitas biasanya kadar asam urat cepat naik tapi pengeluaran sedikit menurunkan berat badan bisa menjadi solusinya diantanya dengan rajin melakukan olahraga yang cukup atau diet.

-Akan lebih baik lagi jika asupan energi disesuaikan dengan kebutuhan tubuh misalnya berdasarkan tinggi dan berat badan anda.
Demikian yang bisa saya suguhkan untuk artikel kali ini tentang Asam Urat Gejala Dan Cara Mengatasinya.

Ditulis Oleh : A ~Tips Health For Life

Dheavy Bungas Anda sedang membaca artikel berjudul ASAM URAT GEJALA DAN CARA MENGATASINYA yang ditulis oleh Tips Health For Life yang berisi tentang :Asam Urat Gejala Dan Cara Mengatasinya,Obat Untuk Asam Urat,Cara Mengobati Penyakit Asam Urat,Tips Menghindari Penyakit Asam Urat. Bagi yang ingin meng COPY PASTE tolong hargailah saya selaku PENULIS sertakanlan LINK SOURCE atau LINK SUMBER dan itu adalah ciri seorang BLOGGER yang bijaksana DHEAVY BUNGAS.

Blog, Updated at: Tuesday, June 10, 2014

19 komentar:

  1. Bagus juga nih tips mengatasi asam uratnya, minimal bisa membantu untuk pencegahan atau pun mengurai sakit asam urat yang sedang di derita. Terimakasih atas artikelnya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims ya Mas indra sdh mo mampir .

      Delete
    2. Mampir lagi untuk membaca gejalan asam urat, barang kali ada yang lupa. :D

      Delete
  2. kalau sering makan daging atau ikan itu juga bisa menyebabkan gejala asam urat gak ya Mba ? .... hehee... makasih tips cara mengatasi asam uratnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Eka sy jg terima kasih atas kedatangan Mas.

      Delete
  3. dengan adanya tips ini, saya mulai berhati - hati nih, jangan sampai saya terkena asam urat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa Mas Yono ada rekam sakit Asam Urat ya mas?

      Delete
  4. duh kalo saya salah makan jenis terntentu seperti kacang kacangan, trus cumi cumi dan kepitngn, rasanya setiap ruas jemari dan kaki cenut-cenut banget, makanya saya harus mulai berpola hidup yang sehat meskipun jarang olah raga, paling makanan dijaga dengan baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dasyat itu Cumi-cumi Mas Pakies kalau bisa untuk cumi-cumix distop aza dulu mas.

      Delete
    2. kalau udah diatas 50 emang begituh kang...jamak sajah deh yah.

      Delete
  5. Ayah saya pernah menderita gout jadi ngerti deh gimana sakitnya kalau sedang kambuh.
    Penderita asam urat tinggi tidak boleh kurang minum dan sebaiknya olahraga teratur agar peredaran darah lancar. Nyeri/radang sendi tidak selalu karena kelebihan asam urat, tetapi bisa karena kristal asam urat yang numpuk di sekitar persendian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali Mba Lina sebaiknya para penderita Asam Urat harus banyak mengkonsumsi air outih bahkan kita yang sehat pun wajib minum air putih biar tambah press.

      Delete
  6. Nice info, wlaupun berbeda dikit bahasanya yg buat sy kurang ngerti tp entrynya lumayan sekali.. Banyak sekali info kesehatan yg sy dapat..

    ReplyDelete
  7. Ciri khas penyakit asam urat atau GOUT arthritis, menyerang pada persendian unilateral. artinya nyeri pada salah satu siji saja, misal lutut kanan, ankle kanan. tidak menyerang dua sisi dalam satu waktu. Obat yang paling murah untuk menurunkan kadar asam urat adalah air putih.

    ReplyDelete
  8. begitu ya ciri2nya. tambah pengalaman deh.

    ReplyDelete
  9. bagi yang terkena penyakit asam urat, saya sedia obatnya :D

    ReplyDelete
  10. kalo masih muda kayaknya jarang yang mau terkena penyakit ini...asam urat kayaknya penyakitnya orang tua aja. :D

    ReplyDelete
  11. sis ane pernah baca-baca ternyata asam urat atau rematik itu sebenarnya adalah radang sendi atau Osteoartritis bahasa keren nya. ini artikel yang saya buatkan tentang rasa sakit di persendian gejala radang sendi (nyeri dipersendian) semoga bermanfaat, Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Baca juga khasiat arang aktif di http://zabdielnotes.blogspot.com/p/zabdiel-riset-arang-aktif-charcoal.html [-(

    ReplyDelete

Website Monitoring - InternetSupervision.com
IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
Salam kenal untuk semua teman-teman yang sudah berkunjung ke blog saya Read More..