CARA MENGOBATI SAKIT PINGGANG

Written By Dheavy Bungas on Saturday, June 7, 2014 | Saturday, June 07, 2014

Cara Mengatasi Sakit Pinggang
Cara Mengobati Sakit Pinggang -
Pada umumnya keluhan sakit pinggang erat hubungannya dengan susunan dan fungsi tulang belakang. Tulang belakang tersusun oleh beberapa ruas yang membentuk kesatuan fungsi sehingga dapat melakukan gerakan-gerakan yang diinginkan, seperti: berdiri, duduk, jongkok, membungkuk, memutar, atau miring. Deretan tulang belakang tersebut membentuk lengkungan ke depan pada daerah leher dan pinggang, dan lengkungan ke belakang pada daerah dada dan pinggul. Di antara tulang belakang yang satu dengan yang lainnya terdapat persendian sehingga memungkinkan gerakan berputar ke kanan dan ke kiri.
Di antara bagian-bagian dari unit fungsional tersebut, semuanya mempunyai persarafan yang dapat mengantar rangsangan nyeri. Segala proses yang menyebabkan tarikan, robekan, atau tekanan pada bagian tersebut akan menimbulkan nyeri pinggang. Demikian pula adanya proses peradangan pada bagian-bagian tersebut, dapat menimbulkan gejala sakit pinggang. Nyeri dan kaku pada pinggang pada pagi hari yang dirasakan selama bertahun-tahun lama kelamaan akan merambat ke atas tulang belakang yang dapat pula berakibat punggung menjadi lebih kaku dan punggung menjadi bungkuk.

Penyebab sakit pinggang antara lain:
  1. adanya gangguan mekanik pada struktur dan kesatuan fungsi tulang belakang;
  2. gerak atau sikap badan yang salah saat membungkuk dan mengangkat beban atau barang;
  3. pemakaian sepatu dengan tumit tinggi, karena dalam keadaan normal tulang belakang daerah pinggang mempunyai lengkungan ke depan. Bila lengkungan ke depan tersebut berlebihan, akan menimbulkan gejala sakit pinggang;
  4. tidur dengan alas/dasar yang terlalu lentur sehingga membuat tulang belakang mengikuti lenturan alas yang ditiduri;
  5. kurang berolahraga sehingga menyebabkan kelenturan sendi-sendi dan jaringan ikut menurun, sehingga otot mudah cedera karena gerakan yang saderhana, seperti: mengangkat, mendorong, atau membungkuk.
Sakit Pinggang dapat juga disebabkan oleh pengaruh suatu penyakit, seperti gangguan ginjal, penyakit jantung, kanker, penyakit tulang, atau gangguan metabolik. Sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal biasannya karena adanya kelainan pada air kemih. Kelainan tersebut berupa darah dalam air kemih karena kerusakan dinding saluran ginjal akibat luka yang ditimbulkan oleh batu ginjal.
Untuk mengurangi rasa nyeri dan untuk mencegah akibat yang lebih parah dari sakit pinggang, dianjurkan penderita melakukan gerak tubuh. Perhatikan sikap tubuh agar terhindar dari kondisi tubuh yang bungkuk atau lakukan aktivitas berbaring datar atau membungkuk-bungkuk sebentar secara teratur. Hendaknya mengupayakan juga keseimbangan antara istirahat dan kegiatan fisik. Aktivitas harus diperhatikan, tubuh harus mendapat istirahat yang cukup, hal ini mencakup pola hidup yang sehat, termasuk pola makan sehat, pola nilai sehat, dan pola pikir sehat.

Cara alamiah yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit pinggang yaitu :
  1. 25 gram jahe merah segar + 25 gram temu hitam segar + 30 gram akar sawi langit segar + 30 gram daun dewa segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  2. 30 gram daun dewa segar + 30 gram temu lawak segar + 25 gram daun hia/baru china segar direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  3. 10 butir angco + 1 - 3 buah sun boi/kiam boi + 15 gram akar bawang merah segar + 25 gram jahe merah segar direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  4. 100 gram buah takokak + 30 gram rambut jagung + 20 gram jahe merah segar + 10 gram adas direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, airnya disaring, lalu diminum hangat-hangat. Lakukan secara teratur.
  5. Cabai rawit (dibuang tangkainya) + jahe (diiris-iris) masing-masing secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada pinggang yang terasa sakit. Lakukan secara teratur.
  6. 120 gram jahe merah + 150 gram bawang putih + bubuk cabai secukupnya direndam dengan alkohol 75% secukupnya selama 14 hari. Setelah itu air rendaman tersebut dioleskan pada bagian yang sakit. Lakukan secara teratur.
  7. Moxa dinyalakan/dibakar lalu didekatkan pada bagian yang sakit dengan jarak dekat sekitar 2,5 cm selama 10 - 15 menit. Jika terlalu panas, jaraknya agak dijauhkan. Lakukan secara teratur. Demikian tips Cara Mengobati Sakit Pinggang.

Ditulis Oleh : Dheavy Bungas ~Tips Health For Life

Dheavy Bungas Anda sedang membaca artikel berjudul CARA MENGOBATI SAKIT PINGGANG yang ditulis oleh Tips Health For Life yang berisi tentang :Cara Mengobati Sakit Pinggang,Tips Mengatasi Sakit Pada Pinggang,Sakit Pinggang Bagi yang ingin meng COPY PASTE tolong hargailah saya selaku PENULIS sertakanlan LINK SOURCE atau LINK SUMBER dan itu adalah ciri seorang BLOGGER yang bijaksana DHEAVY BUNGAS.

Blog, Updated at: Saturday, June 07, 2014

14 komentar:

  1. kalau kurang minum air putih bisa menyebabkan sakit pinggang gak ya mba hehee...??
    makasih tips2 nya mba. Untuk Jahe saya kadang2 mengkonsumsi, tapi kadang2 itu juga xixiii ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih begitu Mas Eka kalau kita kurang mengkonsumsi cairan maka akan menyebabkan sakit pada pinggang.

      Delete
  2. Faktor usia bisa juga kali sebagai penyebabnya ya mbak? Ini bermanfaat sekali untuk yang sering mengalami sakit pinggang. Terima kasih ilmunya, mbak Dheavy..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Faktor usia memang rentan juga Mas Uda namun faktor yang sangat mendasar adalah kurangnya mengkonsumsi air.

      Delete
  3. Membalas kunjungan nih Mba Dhea,wahh kalau perkara sakit pinggang saya kebetulan juga pernah merasakannya namun setelah saya banyak meminum AIR PUTIH agak berkurang sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trims Ka icha sdh mau mampir,sama donk sy jg suka minum AIR PUTIH.

      Delete
  4. saya jarang pakai high heels, jadi resiko sakit pinggang lebih kecil ya? tapi kebanyakan duduk bikin pegal-pegal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Dewi terkadang kalau kelamaan duduk namun jarang minum sangat rentan dihinggapi sakit pada pinggang maupun persendian.

      Delete
  5. Kalau sakit pinggang biasanya para blogger yang seangnya duduk lama online pernah mengalami hal ini, apalagi bila minum air putihnya kurang. Terimakasih sudah di beritahu mba.

    Salam

    ReplyDelete
  6. .mantaf artikelnya ..sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Baca juga khasiat arang aktif di http://zabdielnotes.blogspot.com/p/zabdiel-riset-arang-aktif-charcoal.html [-(

    ReplyDelete
  9. Absolutely exceptional, brilliant stuff, I am much pleased while reading this. six pack exercises

    ReplyDelete

Website Monitoring - InternetSupervision.com
IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
Salam kenal untuk semua teman-teman yang sudah berkunjung ke blog saya Read More..