SAKIT MATA DAN CARA PENGOBATANNYA

Written By A on Monday, May 26, 2014 | Monday, May 26, 2014

Obat Sakit Mata
Sakit Mata Dan Cara Pengobatannya Dalam hidup salah satu organ yang sangat berperan penting adala Mata sebab mata adalah jendela dunia.Bagi yang suka dengan Internet tentunya kita sering berlama-lama dimuka komputer dan ini juga salah satu penyebab sakit pada mata.Dan berikut ini adalah Jenis-jenis Sakit Mata yang kadangkala kita pernah alami disamping itu ada pula Solusi Pencegahan Sakit Mata.

KONJUNGTIVITIS (MENULAR) 
Adalah iritasi/peradangan akibat infeksi pada bagian selaput yang melapisi mata.
Gejalanya :
Mata memerah terasa nyeri berair gatal keluar kotoran (belekan) dan penglihatan (kabur).Penyakit yang mudah menular dan bisa berlangsung hingga berbulan-bulan ini disebabkan beberapa faktor seperti infeksi virus atau bakteri alergi (debu,serbuk,bulu,angin atau asap) penggunaan lensa kontak yang kurang bersih dan pemakaian lensa kontak jangka panjang.Bayi juga dapat menderita penyakit serupa hanya saja penyebabnya lebih karena infeksi yang timbul ketika melewati jalan lahir.Lantaran itulah pada bayi penyakit ini disebut konjungtivitis gonokokal seperti diketahui jalan lahir tidaklah steril dari kuman tertentu yang mungkin bisa menimbulkan infeksi.Nah saat bayi lahir melewati jalan lahir (vagina) dia tentu akan terpapar kuman yang ada di lokasi itu.Jika mengenai mata bisa mengakibatkan infeksi pada mata dengan gejala mata merah dan belekan Oleh karena itu pada umumnya mata bayi baru lahir akan ditetesi obat mata atau salep antibiotika untuk mematikan bakteri yang dapat menyebabkan konjungtivitis gonokokal.
Penanganan:
►Kompres mata dengan air hangat.
►Gunakan obat tetes mata atau salep antibiotika sesuai resep dokter biasanya penderita juga diberi  tablet atau suntikan untuk mengurangi iritasi dan gatal pada mata.
►Bersihkan tangan sebelum mengoleskan salep agar tak menimbulkan iritasi lebih parah.
►Usahakan agar penyakit ini tidak menyebar pada orang lain misalnya memisahkan alat-alat yang digunakan dan tidak digunakan oleh orang lain.

KERATOKONJUNGTIVITAS VERNALIS (KV) 
Adalah iritasi/peradangan pada bagian kornea (selaput bening)akibat alergi sehingga menimbulkan rasa sakit .
Gejalanya:
Mata Merah berair gatal kelopak mata bengkak dan terjadi kotoran mata (belekan).Perlu diketahui KV merupakan peradangan yang berulang alias musiman dan penderitanya cenderung kambuh terutama pada musim panas terkadang penderita KV mengalami kerusakan pada sebagian kecil kornea yang menyebabkan nyeri yang akut.
Penanganan: 
►Jangan menyentuh atau menggosok bagian mata karena bisa menyebabkan iritasi.
►Mata dikompres dengan air hangat.
►Dokter biasanya akan memberikan obat tetes mata.

ENDOFTALMITIS 
Merupakan infeksi yang terjadi di lapisan mata bagian dalam sehingga bola mata bernanah. 
Gejalanya:
Berupa mata merah nyeri bahkan sampai mengalami gangguan penglihatan.Biasanya terjadi karena mata anak tertusuk sesuatu seperti lidi atau benda tajam lainnya infeksi ini cukup berat sehingga harus segera ditangani karena bisa menimbulkan kebutaan.
Penanganan: 
►Dokter mata biasanya memberikan obat antibiotika.
►Untuk mengeluarkan nanah yang berada di bola mata penderita harus menjalani pembedahan.

SELULITIS ORBITALIS (SO) 
Yaitu peradangan pada jaringan di sekitar bola mata
Gejalanya:
Berupa mata merah nyeri kelopak mata bengkak bola mata menonjol dan bengkak serta penderita mengalami demam SO pada anak anak sering terjadi akibat cedera mata infeksi sinus atau infeksi yang berasal dari gigi. Diagnosa pasti dapat ditegakkan melalui rontgen gigi dan mulut atau CT Scan sinus SO yang tak segera ditangani bisa berakibat fatal seperti kebutaan infeksi otak atau pembekuan darah di otak.
Penanganan: 
►Untuk kasus yang tergolong ringan dapat diberikan antibiotika secara oral.
►Pada kasus berat diberikan antibiotika melalui pembuluh darah atau bahkan pembedahan untuk mengeluarkan nanah ataupun mengeringkan sinus yang terinfeksi.

TRAKOMA (MENULAR) 
Adalah infeksi pada mata yang disebabkan bakteri Chlamydia trachomatis Bakteri ini berkembang biak di lingkungan yang kotor atau bersanitasi buruk Lantaran itulah trakoma sering menyerang anak anak terutama di berbagai negara berkembang Pemaparan bakteri berlangsung saat anak
menggunakan alat atau benda yang sudah tercemari Chlamydia seperti sapu tangan atau handuk. Gejalanya:
Trakoma adalah mata merah mengeluarkan kotoran (belekan) pembengkakan kelopak mata dan kelenjar getah bening serta kornea kelihatan keruh Penyakit ini sangat menular.
Penanganan :
►Jauhkan alat/benda yang sudah dipakai penderita dari anggota keluarga yang lain.
►Penderita biasanya akan diberi salep antibiotika yang mengandung tetracycline dan erythromycin selama sekitar satu bulan bahkan bisa lebih.
►Jika tak segera ditangani dapat menyebabkan pembentukan jaringan parut di kornea sehingga menyebabkan bulu mata melipat ke dalam dan terjadilah gangguan penglihatan.
►Jika terjadi kelainan bentuk pada kelopak mata atau kornea kemungkinan perlu dilakukan tindakan pembedahan.

BLEFARITIS 
Di bagian bola mata terdapat lapisan air mata yang berfungi melindungi bola mata dari iritasi lapisan yang sangat halus ini terdiri atas tiga kelenjar yaitu kelenjar minyak air dan lendir.Nah blefaritis adalah suatu peradangan pada kelopak mata karena terjadinya produksi minyak yang berlebihan yang berasal dari kelenjar minyak tersebut tidak diketahui persis mengapa produksi minyak bisa menjadi berlebihan sayangnya kelebihan minyak ini ada di dekat kelopak mata yang juga sering didatangi bakteri.
Gejalanya:
Blefaritis berupa mata merah nyeri panas gatal berair ada luka di bagian kelopak mata dan membengkak pada beberapa kasus sampai terjadi kerontokan bulu mata.Ada dua jenis blefaritis yaitu blefaritis anterior dan blefaritis posterior yang pertama merupakan peradangan di kelopak mata bagian luar depan yaitu di tempat melekatnya bulu mata Penyebabnya adalah bakteri stafilokokus yang kedua adalah peradangan di kelopak mata bagian dalam yaitu bagian kelopak mata yang bersentuhan dengan mata Penyebabnya adalah kelainan pada kelenjar minyak.
Penanganan: 
►Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu dengan cara sering membersihkan sekitar kelopak mata untuk mengangkat minyak ada sejenis pembersih khusus yang bisa digunakan.
►Untuk membunuh bakteri digunakan salep antibiotika seperti erythromycin atau sulfacetamide bisa juga dengan obat antibiotika oral seperti tetracycline.

DAKRIOSISTITIS 
Gejalanya: 
Dakriosistitis adalah penyumbatan yang terjadi pada duktus nasolakrimalis yaitu saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. Faktor alergilah yang menyebabkan terjadinya sumbatan pada saluran tersebut akibatnya adalah infeksi di sekitar kantung air mata yang menimbulkan nyeri warna merah dan bengkak bahkan bisa sampai mengeluarkan nanah dan penderita mengalami demam.Infeksi yang ringan biasanya akan cepat sembuh walau tetap ada pembengkakan sementara yang tergolong parah dapat menyebabkan kemerahan dan penebalan di atas kantung air mata Jika terus berlanjut akan terbentuk kantung nanah.
Penanganan: 
►Dengan cara pemberian antibiotika oral atau melalui pembuluh darah.
►Bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat di sekitar kantung air mata.
►Jika terjadi kantung nanah maka harus dilakukan pembedahan.

ULKUS KORNEA (UK) 
Adalah infeksi pada kornea bagian luar biasanya terjadi karena jamur virus protozoa atau karena beberapa jenis bakteri seperti stafilokokus pseudomonas atau pneumokokus.Penyebab awal bisa karena mata kelilipan atau tertusuk benda asing UK terkadang terjadi di seluruh permukaan kornea sampai ke bagian dalam dan belakang kornea UK yang memburuk dapat menyebabkan komplikasi infeksi di bagian kornea yang lebih dalam perforasi kornea (terjadi lubang) kelainan letak iris (selaput pelangi) dan kerusakan mata.
Gejalanya:
Mata merah nyeri gatal berair muncul kotoran mata peka terhadap cahaya (photo phobia) pada bagian kornea tampak bintik nanah warna kuning keputihan dan gangguan penglihatan.
Penanganan: 
►Penderita UK perlu melakukan berbagai pemeriksaan seperti tes refraksi tes air mata pengukuran kornea (keratometri), dan tes respons refleks pupil.
►UK tingkat ringan dapat ditangani dengan obat tetes mata yang mengandung antibiotika antivirus atau antijamur.
►Penderita yang tergolong berat kemungkinan perlu menjalani pembedahan yaitu pencangkokan kornea.

Nah itulah yang bisa saya share kali ini semoga bisa bermanfaat dan tentunya kita lebih mencintai KESEHATAN sejak sekarang,terima kasih sudah singgah serta membaca artikel kesehatan saya tentang Sakit Mata Dan Cara Pengobatannya.

Ditulis Oleh : A ~Tips Health For Life

Dheavy Bungas Anda sedang membaca artikel berjudul SAKIT MATA DAN CARA PENGOBATANNYA yang ditulis oleh Tips Health For Life yang berisi tentang :Sakit Mata Dan Cara Pengobatannya,Tips Pencegahan Sakit Pada Mata,Obat Mata,Tips Mencegah Sakit Mata,Cara Menghindari Sakit Mata. Bagi yang ingin meng COPY PASTE tolong hargailah saya selaku PENULIS sertakanlan LINK SOURCE atau LINK SUMBER dan itu adalah ciri seorang BLOGGER yang bijaksana DHEAVY BUNGAS.

Blog, Updated at: Monday, May 26, 2014

19 komentar:

  1. Sangat lengkap sekali mbak Dheavy, jadi semakin tahu cara perawatan salah satu organ vital kita yang satu ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Bobby terima kasih ya sdh sudi mampir.

      Delete
  2. Saya mau tanya nih,kok pandangan saya kabur ya ketika melihat tulisan disamping kanan dengan cara menoleh,berbeda dengan pandangan tegak lurus,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin matax Mas perlu saya periksa secara pribadi tuh..xixixixi

      Delete
  3. Untuk mencegah gimana y? karena kasihan kalo masih anak-anak udah kena penyakit mata?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mencegahx sebaikx asal rajin memkan sayur²an khusx WORTEL mas Abu.

      Delete
  4. Info yang anda sampaikan benar semua mas. sangat bermanfaat. Penyakit pada organ orbita atau mata ini banyak sekali. yang anda sampaikan pada artikel anda adalah penyakit yang berhubungan dengan peradangan pada mata. masih banyak yang yang lainnya seperti sakit mata karena trauma, penyakit Glaukoma (peningkatan tekanan di dalam mata).

    Artikel anda sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  5. Eh maaf, ini Mbak ya? saya kira mas, maaf ya....
    Salam kenal sesama bLogger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hee..emang sy mirip Mas-Mas ya (aduuhhh kacian dech aq..hi)

      Delete
  6. di tempat saya kebetulan lagi musim sakit mata....sangat pas artikelnya...

    ReplyDelete
  7. coba artikelnya dimunculkan 10 tahun lalu, mungkin mata saya ngga perlu make kacamata setebal ini deh...:p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dari dulu saya belajar ngeblog pasti sdh saya posting dari dulu Mas..qiqiqiqi.

      Delete
  8. Lumayan juga nih dapat resep untuk mengobati sakit mata dan cara penanggulangannya.

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam juga ya Mas indra salam kekeluargaan slalu ya Mas.

      Delete
  9. nice info mbak. terutama blogger, harus menjaga kesehatan mata, karena tidak ada suku cadangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul skali Mba Dewi sekarang suku cadangx belum bisa dibikin oleh Jepang..qiqiqi

      Delete
  10. Mau tanya ni Mbak, saya sering membersihkan mata dengan air remasan daun sirih, apakah hal tersebut dapat berdampak buruk pada kesehatan mata jangka panjang ?

    ReplyDelete
  11. Baca juga khasiat arang aktif di http://zabdielnotes.blogspot.com/p/zabdiel-riset-arang-aktif-charcoal.html [-(

    ReplyDelete

Website Monitoring - InternetSupervision.com
IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
Salam kenal untuk semua teman-teman yang sudah berkunjung ke blog saya Read More..