APA GEJALA PENYAKIT MERS-COV ITU?

Written By A on Thursday, May 8, 2014 | Thursday, May 08, 2014

Mers-CoV
Apa Gejala Penyakit Mers-CoV itu? Middle East Respiratory Syndrome (MERS) merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh corona virus yang disebut Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS-Cov) yang pertama kali dilaporkan pada tahun 2012 di Arab Saudi. Virus ini berbeda dengan coronavirus lain yang telah ditemukan sebelumnya sehingga kelompok studi corona virus dari Komite Internasional untuk Taksonomi Virus memutuskan bahwa novel corona virus tersebut dinamakan sebagai MERS-Cov Virus ini tidak sama dengan corona virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) namun mirip dengan corona virus yang terdapat pada kelelawar. Pada kurun waktu tiga bulan sejak Maret sd Mei 2014 jumlah infeksi MERS-Cov di dunia tercatat sebanyak 64 kasus (Saudi Arabia 49 kasus Italia 3 kasus United Kingdom 3 kasus Perancis 2 kasus Jordania 2 kasus Qatar 2 kasus Tunisia 2 kasus dan Uni Emirat Arab 1 kasus) dengan 38 kematian.

Gejala dan Penularan MERS-Cov :
Sebagian besar orang yang terinfeksi MERS-Cov berkembang menjadi penyakit saluran pernapasan berat dengan gejala gejala demam batuk dan napas pendek.Sekitar separuh dari jumlah penderita meninggal Sebagian dari penderita dilaporkan menderita penyakit saluran pernapasan tingkat sedang. Sampai saat ini masih terus dilakukan investigasi mengenai pola penularan MERS-Cov karena telah ditemukan adanya penularan dari manusia ke manusia yang saling kontak dekat dengan penderita.Penularan dari pasien yang terinfeksi kepada petugas kesehatan yang merawat juga diamati. Selain itu cluster dari kasus infeksi MERS-Cov di Arab Saudi Jordania the United Kingdom Prancis Tunisia dan Italia juga diinvestigasi. Vaksin dan Pengobatan Hingga saat ini belum ada vaksin yang spesifik dapat mencegah infeksi MERS-Cov Selain itu belum ditemukan juga metode pengobatan yang secara spesifik dapat menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh MERS-Cov.Perawatan medis hanya bersifat supportive untuk meringankan gejala Tes laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) untuk MERS-Cov tersedia di Kementerian Kesehatan dan beberapa laboratorium internasional namun tes tersebut bukan tes rutin.

Himbauan bagi Masyarakat yang Hendak Berpergian ke Negara-negara Arab :
Masyarakat tetap bisa melakukan perjalanan atau berkunjung ke negara-negara Arabia Peninsula dan sekitarnya karena World Health Organization (WHO) dan Center for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat tidak akan mengeluarkan surat travel warning tentang kesehatan kepada negara negara yang terkait dengan MERS-Cov.Namun hal yang perlu diantisipasi oleh masyarakat yang akan berpergian ke negara-negara tersebut yaitu jika terdapat demam dan gejala sakit pada saluran pernapasan bagian bawah seperti halnya batuk atau sesak napas dalam kurun waktu 14 hari sesudah perjalanan segera periksakan ke dokter. Untuk melindungi diri dari kejadian penyakit saluran pernapasan hendaknya lakukan beberapa langkah pencegahan sebagai berikut :

1) Tutuplah hidung dan mulut dengan tisu ketika batuk ataupun bersin dan segera buang tisu tersebut ke tempat sampah. 
2) Hindari menyentuh mata hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci. 
3) Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang menderita sakit misalnya ciuman atau penggunaan alat makan/minum bersama. 
4) Bersihkan menggunakan desinfektan untuk membersihkan barang-barang yang sering disentuh.

Nah dengan demikian kita akan bisa terhindar dari penyakit tersebut paling tidak itu Tips Kesehatan agar bisa memulai pola hidup Sehat yang mulai dini harus diterapkan bagi anggota keluarga dirumah dan itulah yang dimaksud dengan pertanyaan selama ini yaitu Apa Gejala Penyakit Mers-CoV itu?.

Ditulis Oleh : A ~Tips Health For Life

Dheavy Bungas Anda sedang membaca artikel berjudul APA GEJALA PENYAKIT MERS-COV ITU? yang ditulis oleh Tips Health For Life yang berisi tentang :APA GEJALA PENYAKIT MERS-COV ITU,Tips Kesehatan,Mers CoV Virus,Cara mengobati Penyakit Mers CoV,Tips Mencegah Virus Mers CoV. Bagi yang ingin meng COPY PASTE tolong hargailah saya selaku PENULIS sertakanlan LINK SOURCE atau LINK SUMBER dan itu adalah ciri seorang BLOGGER yang bijaksana DHEAVY BUNGAS.

Blog, Updated at: Thursday, May 08, 2014

12 komentar:

  1. sering denger nama penyakit mers, ternyata penyakit yang disebabkan oleh virus dan menyerang pernapasan ya. thanks infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dewi syukur di Indonesia belum ada penyakit ini semoga saja tidak sampai ke Indonesia ya kan Mba.

      Delete
  2. kemaren pake basa bule
    sekarang udah mending pake basa pribumi,tapi saya tulisannya kecil bingit [-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahasa bulenya cuman mancing Adsense saja Mas Reo..qiqiqii.

      Delete
  3. tapi sayang pemerintah tidak cepat tanggap dengan penyakit ini...padahal sudah ada yg jadi korban,,karena tingkat fatalitasnya yg rendah sehingga penyakit MERS ini dianggap sepele oleh pemerintah......
    keep happy blogging always, salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Hariyanto semoga saja pemerintah cepat tanggap dalam menanggulangi masalah ini agar kita selaku rakyat tak khawatir.

      Delete
  4. Wah .. ini pengetahuan baru bagi saya. Ada tetangga yang mau umroh ga lama lagi. Semoga saja beliaunya sudah tahu akan virus ini ... :) Salam kenal mbak ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sdh masuk ke Indonesia 169 orang itu menurut data terbaru.

      Delete
  5. Mas Uda sekarang di Indonesia sdh terjangkit Di Medan menurut data 169 orang.

    ReplyDelete
  6. Akh penting ini beritanya, di sini, Denpasar, katanya ada yg sudah parah terinfeksi dan masuk rumah sakit... UGD...

    ReplyDelete
  7. mudah-mudahan penyakit ini dapat segera teratasi,,

    ReplyDelete
  8. Baca juga khasiat arang aktif di http://zabdielnotes.blogspot.com/p/zabdiel-riset-arang-aktif-charcoal.html [-(

    ReplyDelete

Website Monitoring - InternetSupervision.com
IconIconIconIconFollow Me on Pinterest
Salam kenal untuk semua teman-teman yang sudah berkunjung ke blog saya Read More..